5 TIPS SUKSES DALAM MENJALANI LONG DISTANCE RELATIONSHIP

LDR, kata ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Long-Distance Relationship atau yang biasa didengar sebagai LDR merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk dua manusia yang terpisah jarak dan ruang waktunya. pada umumnya, hubungan jenis ini memang sering kita jumpai dan tak banyak juga orang yang menghindarinya. alasannya beragam, mulai dari rasa cemas yang berkepanjangan, takut akan ketidaktahanan mental, takut akan ketidakjelasan arah hubungan dan lain sebagainya.
boleh dikatakan kalau LDR ini adalah semacam hubungan yang undodgeable atau tak terelakkan. bagi sebagian besar orang hubungan ini sering muncul. sebabnya pun beraneka ragam, mulai dari urusan pendidikan, urusan bisnis, urusan profesi dan lain-lain.
hubungan semacam ini memang cukup rumit, baik dijelaskan maupun dilakukan. karena pada umumnya manusia itu dinamis dan fluktuatif. kondisi fisik dan mental manusia selalu berubahubah. tapi bukan berarti LDR ini suatu hal yang tak mungkin dilakukan. dengan upaya yang efisien, hubungan LDR anda berpotensi untuk berhasil.
berikut adalah 6 dari banyak cara untuk menjaga hubungan anda tetap sehat dan “awet”

1. KOMUNIKASI SEWAJAR MUNGKIN

komunikasi dan komitmen merupakan modal dasar yang utama untuk menjalani suatu hubungan. hal terpentingnya dalam menjaga hubungan tetap utuh adalah dengan menjaga komunikasi sebaik mungkin.
dalam LDR, komunikasi yang harus dijaga sedikit berbeda dengan komunikasi dalam hubungan pada umumnya. komunikasi harus tetap dijaga sewajar mungkin. no less no more. mengapa ? tentu kita menyadari kalau manusia memiliki egonya masing-masing. jika komunikasi tak terjalin dengan baik atau terjalin dengan cara yang tak wajar, seperti overload. bukan tidak mungkin kalau hubungan anda akan mengalami kebuntuan.
seseorang akan merasa tidak nyaman dan tertekan ketika ia merasa selalu menjadi pihak yang dicurigai setiap gerak-geriknya. dan seseorang akan merasa bosan, karena kita tau manusia adalah makhluk yang dinamis, ketika ia dihadapkan kepada hal yang sama dan terlalu sering diulang. tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada hubungan Anda. oleh karena itu, jagalah komunikasi sewajar mungkin dan tidak membebani satu sama lain.

2. JANGAN TERHASUT

banyak orang bilang kalau LDR itu mengerikan, LDR itu menyakitkan, LDR itu pedih dan semacamnya. hal-hal semacam itu dapat melebur pikiran-pikiran positif ang telah Anda bangun. kecuali Anda seorang yang bermental baja.
tak ada jaminan yang pasti kalau Anda tak akan tercekcoki hal semacam ini, karena lingkungan sekitar Anda pun tentunya selalu mengeluhkan hal serupa. baik langsung maupun di dunia maya. dan Anda pasti membacanya. namun, satu hal yang perlu diketahui adalah mereka lah yang mengalami hal buruk, dan itu belum mungkin terjadi pada Anda. celakanya, dengan termakan hasutan seperti ini Anda dapat membawa hubungan Anda yang semula baik-baik saja menjadi buruk.

3. BELIEVING EACH OTHER

percaya satu sama lain merupakan langkah pelengkap dari langkah 1 dan 2 di atas. saling percaya memang mudah diucapkan tapi banyak sekali cobaan setelah itu. saling percaya sangat penting, bukan kah Anda mengawali hubungan Anda dengan dasar saling percaya ? ya, dan saling percaya ini harus tetap dipupuk dengan baik.
komunikasi sewajarnya dapat dilakukan dengan dasar believing each other. jadi tak ada hal yang perlu diragukan lagi. segala hasutan dari lingkungan Anda dapat dengan mudah Anda abaikan jika Anda telah percaya sepenuhnya kepada pasangan Anda. tapi ingat, saling percaya ini membutuhkan dukungan dari kedua pihak yang bersangkutan. tentu saja, namanya juga saling percaya. namun, hal ini harus diikuti dengan tidak saling menyalahgunakan.
apa jadinya kepercayaan dibuat untuk disalahgunakan ?
kepercayaan satu sama lain itu tidaklah mudah untuk diciptakan. sekali Anda berbuat curang, akan sangat sulit untuk mengembalikan kepercayaan yang dibangun. kepercayaan itu tidak dibuat, tapi dilahirkan.

4. LURUSKAN NIAT

LDR tak mungkin terjadi tanpa sebab. seperti yang telah dipaparkan di atas, banyak maksud dan tujuan seseorang terpaksa mengambil jalan ini. entah itu urusan pendidikan, urusan kuliah, urusan bisnis, tuntutan profesi dan masih banyak lagi.
dengan meluruskan niat dan memfokuskan diri Anda pada tujuan dan mimpi Anda, Anda tentu dapat mengalihkan isu kekhawatiran dan kecemasan kepada pasangan Anda dengan lebih bijak. Anda hanya perlu fokus pada maksud dan tujuan Anda. jangan biarkan sinyalsinyal negatif mempengaruhi pikiran Anda. dengan catatan Anda tak boleh sematamata memasang kacamata kuda Anda tanpa berkomunikasi dengan pasangan Anda. tetap jalin dan jaga hubungan Anda tetap hangat dengan pasangan Anda di tengah kesibukan Anda. Anda dapat mendiskusikan progres niat Anda dengan pasangan Anda dan bertukar pikiran tentang itu. motivasi terbesar lahir dari dalam diri dan dari orang terdekat.dengan saling memotivasi, mata Anda akan terbuka dengan tujuan Anda dan semangat Anda tak akan pernah surut.
dan yang terpenting, ingat lah, waktu yang Anda korbankan untuk berada jauh dari pasangan Anda harus terbayar lunas dengan kesuksesan Anda. karena jauh di seberang sana, ada orang yang selalu berdoa untuk Anda. so, jangan kecewakan mereka. masih banyak hal lain yang dapat Anda lakukan daripada sekedar duduk galau di tempat duduk Anda.

5. LET GO

langkah yang satu ini perlu Anda perhatikan. karena pada dasarnya segala sesuatu yang dipaksakan itu tidak baik.
dalam suatu hubungan, kita diajarkan untuk saling percaya satu sama lain, menerima segala kekurangan dan saling mengisi. bukan saling memamerkan keadaan satu sama lain. begitu juga dengan pelepasan, dalam beberapa hal, kita memang diharuskan untuk rela melepas.
melepas di sini berarti membiarkan beberapa hal buruk berlalu dan segera menutupinya dengan kebaikan yang lain. melepas dapat diartikan mengalah. tak ada salahnya dengan melepas. namun seringkali kita tak rela ketika harus melepas.
ketika Anda merasa telah melakukan segala upaya yang Anda bisa untuk menjaga hubungan Anda, tapi sepertinya keadaan tidak menjadi lebih baik, pada saat itulah Anda harus melepas.
banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan Anda, bahkan dari jarak jauh sekalipun. LDR memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi bukan hal yang mustahil untuk berhasil. memang benar, banyak orang yang tidak berhasil, tapi tidak sedikit pula orang yang berhasil melaluinya dengan baik. so, bagi Anda yang sekarang sedang menjalaninya, tetap optimis dan ingat kembali pada tujuan Anda. lakukan hal terbaik yang dapat Anda lakukan dan jangan kecewakan orang yang sekarang sedang menunggu kehadiran Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s